HARI RAYA IDUL KURBAN

“ALLAH SWT mencoba keimanan nabi ibrahim dengan cara menyembelih putra kesayangannya hingga lolos dari cobaan ,dengan mengganti sembelihan putra dengan seekor domba. awal sejarah idul kurban. Legenda mengharukan ini diabadikan dalam al Quran surat al Shaffat ayat 102-109 ”

Dari sejarah perjalanan nabi Ibrahim bagaimana ketika beliau menghadapi cobaan. Diantara cobaan itu beliau harus kehilangan orang yang selalu ada dihati (ismail) nya. anak yang akan meneruskan cita-cita hidup ,meneruskan visi-misi yang belum tercapai selama masa perjalanannya. hidup berumah tangga salah satu atau yang paling utama yang akan diimpikan suami-istri mendapatkan keturunan supaya menjadi pahlawan kedua setelah perjuangannya. bayangkan suatu rumah tangga jika tidak ada sibuah hati maka akan hampa rumah tangga tersebut bahkan akan berujung perceraian. Anak adalah kesempurnaan kebahagian rumah tangga ,ia tali pengikat keresahan antara suami-istri .apalagi orang tua punyak cita-cita yang mulya ,menjadikan anak-anaknya rahmatallilalamin ,menjadikan hamba ALLAH SWT yang sholeh seperti putra ismail ,lalu dengan tiba-tiba ALLAH SWT menguji keimanan Ibrahim untuk menyembeli putra ismail. Kedua,ketaqwaan kedua nabi itu sangat sempurna sekali. nabi ibrahim setelah menerima wahyu dari ALLAH SWT lalu disampaikan kepada nabi ismail dengan iklas(berserah diri) dan sangat yakin nabi ismail bahwa yang dimimpikan bapaknya benar-benar datang dari ALLAH SWT ,tanpa ragu-ragu nabi ismail mengatakan kebenaran wahyu tersebut untuk segera beliau laksanakan.
Ketiga, menghadapi godaan Syetan. bagaimana ketika syetan mengoda supaya apa yang di wahyukan ALLAH SWT kepada nabi ibrahim dan nabi ismail untuk tidak dipercaya kebenarannya. godaan syetan begitu banyak sekali agar iman nabi ibrahim goyah ,begitu juga saat perjalanan menuju tempat penyembelihan syetan salalu mencegah perjalanan ibrahim agar membatalkan niat yang dianjurkan ALLAH SWT.
Di hari Idul Adha, bagi umat Islam yang mampu dianjurkan untuk menyembelih binatang kurban. Pada dasarnya, penyembelihan binatang kurban ini mengandung dua nilai yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Kesalehan ritual berarti dengan berkurban, kita telah melaksanakan perintah Tuhan yang bersifat transedental. Kurban dikatakan sebagai kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, kurban juga mempunyai dimensi kemanusiaan.
Hari ini kerap kali ,kita jumpai umat islam membuktikan kualitas keshalehan tanpa diimbangi kualitas sosial ,ia rajin shalat .bahkan berkali-kali naik haji ke Mekka tetapi tanpa mempedulikan hak-hak maysarakat yang seharusnya menjadi kewajiban umat islam membantu saudara-saudara kita.
Kualitas keshalehan juga kerapkali dibuktikan merusak tatanan sosial ,mengebom. Cara seperti itu jelas menyalahi aturan agama islam ,karena dengan cara seperti itu menjadikan umat islam semakin cemar dimata agama lain ,menjadikan agama islam bukan rahmatal lil’alamin. buakankah kita dianjurkan untuk masuk islam secara kahfah?.berarti umat islam tidak mempercayai pluralitas dan kemajemukan. islam itu salah ketika identik teroris,identik kekerasan.
Imam Ghazali dalam Ihya ’Ulumuddin pernah menjelaskan tentang tata cara melakukan amar ma’ruf nahi munkar. Menurutnya, tindakan dalam bentuk aksi pengrusakan, penghancuran tempat kemaksiatan adalah wewenang negara atau badan yang mendapatkan legalitas negara. Tindakan yang dilakukan Islam garis keras dalam hal ini jelas tidak prosedural. (vol.2 hlm.311)
Sudah semestinya dalam melakukan amar makruf nahi munkar tidak sampai menimbulkan kemunkaran yang lebih besar. Bukankah tindakan para teroris dan pelaku bom bunuh diri ini justru merugikan terhadap Islam itu sendiri ?. Merusak citra Islam yang semestinya mengajarkan kedamaian dan rahmatan lil ’alamin. Ajaran Islam yang bersifat humanis, memahami pluralitas dan menghargai kemajemukan semakin tak bermakna
Dengan hari raya idul Adha semangat berkorban kita jadikan ketaqwaan umat islam semakin teguh kepada allah swt. Kualitas kesahalehan Nabi Ibrahim as. meningkatkan rasa solidaritas antar sesama. Selamat hari raya !.



































MENYENTUH JIWA SEHAT LINGKUNGAN
Ketika saya membeli makanan ringan (Snack)”kacangsukro”kriuknya selangit....,ternyata terselip kata-kata menggoncang dada saya waktu itu,coba perhatikan dibalik pojok bawah kanan bertuliskan ”Jagalah kebersihan negara anda!(keep your country clean)”.akhirnya saya tidak jadi membuang sembarangan tetapi mencari tempat sampah kemana-mana.
Saya amati seksama dan merenungi, baru kali ini saya membeli snack yang menggugah saya untuk berpikir. bandingkan diantara camelan yang pernah saya beli, perasaan belum pernah terdapat kata-kata semacam itu apalagi sampai menggugah hati nurani, sampai sampai saya ingin menangis. Saya tidak tahu apakah semua makanan yang diproduksi PT Dua Kelinci mempunyai kata peringatan semacam itu. Atau hanya kata-kata seperti biasa untuk memperingati konsumen. Misal simpan ditempat yang sejuk dan kering(keep in a cool and place) ,kata-kata perhatian semacam itu bahkan tertuju bagi orang-orang yang ingin menyimpan lebih dari satu hari atau lebih kepada orang yang punyak warung kecil dijalan Raya kecamatan, kabupaten,propinsi,atau ibu kota .
Sebentar saya ingin mengelak mamfaat antara snack yang dibungkus plastik dibanding minuman AQUA minuman botol gelasan,tanggung atau galon
pertama,ketika Snack semacam kacang sukro ,cup-cup,kopiko dll selesai dimakan mamfaatnya otomatis akan dibuang percuma sampai membusuk ditanah karena tidak akan ada yang memperhatikan, ibarat habis manis sepah dibuang konsumen cuek saja setelah makan yang penting sudah puas atau kenyang, Dibanding AQUA kunsumen akan perpikir panjang karena bukan habis manis sepah dibuang tetapi bisa diambil keuntungannya lagi untuk dijual.
Saya yakin pihak PT Dua kelinci tidak ada rantaian kapitalisme, kapitalisme adalah sifat kuasa yang ingin memenangkan sendiri,tidak mau memperdulikan pihak lain maupun lingkungan terutama negara. Barangkali masyarakat sudah tahu negara indonesia paling tercemar lingkungannya. media cetak dan elekronik seringkali memberitakan banjir,pencemaran lingkungan dan bahaya penyanyit pada masyarakat terutama anak kecil. Paling tidak camelan kacang sukro kriuknya selangit....mewakili sebagai saran maupun misi PT Dua kelinci,membantu makanan bergizi untuk masyarakat indonesia.
Asumsi saya terjadinya pencemaran lingkungan di indonesia akibat antara korelasi produk dan konsumen. bahaya yang mendasar ketika masyarakat sembarang membuang bungkus camelan ke sungai hingga terjadi banjir karena tersumbat aliran air, bungkus snack dan segala macam mencemarkan lingkungan kurang indah. Juga pihak produsen(pembuat)makanan ringan kurang mensosialisasikan terhadap masyarakat baik bentuk plakat,brosur dan lambang apapun jangan hanya memamerkan gizi,lezat dan kriuknya se -amerika sampai menjilat surga...tetapi menggugah hati nurani konsumen.
Sebagaimana Alqur’an mengatakan terjadinya kerusakan dilaut dan didarat akibat ulah tangan-tangan manusia sendiri. Manusia memang punyak nafsu serakah ,ia tidak memperdulikan apa yang akan terjadi yang penting hari ia selamat entah besok akan seperti apa?.
Apalagi mayoritas masyarakat indonesia adalah beragama islam,kebersihan sebagin dari pada iman. Iman seseorang tidak bisa dilihat bagaimana cara ia berdoa yang khusu’,baca alqur’an yang fasih,pandai berdakwah dipodium umum seperti orang yang mengkampanyekan jihat fisabilillah. Mengebom selaksa teroris yang justru mencemarkan lingkungan kurang baik dan tidak mencontohkan agama yang benar dihadapan agama lain, agama islam rahmatallil’alamin!. Bagaimana orang akan tertarik pada perbuatan kita sedangkan orang islam sendiri menjadi hantu mereka, menakut-nakuti kehidupan orang kristen ,budha dan agama yang lain. Merampok bukan jalan kebahagian bagi keluarga karena dirinya beserta seluruh kerabat akan terancam polisi. Begitupun yang terjadi pada orang islam sendiri, merangkul teman tidak memakai perasaan.
Pedoman Snack sukro... bisa menjadi ispirasi orang,keluarga,masyarakat dan negara. Menumbuhkan keimanan mulai dari hal-hal kecil menjaga lingkungan dari kotoran sampah,hingga terjadinya banjir.
Di negara barat eropa,jepang dan singapura sangat memprioritaskan kebersihan. Ketika orang merokok didalam ankutan taksi ia genggam sampai taksi berhenti.karena mereka sadar tindakan itu membahayakan lingkungan. Bagi masyaraka barat kebersihan lingkungan sudah Niatulkhusus terutama mereka terapkan dalam keluargnya,anak-anak. Warga indonesia tidak usah jauh-jauh membandingkan dengan negara barat. Masyarakat indonesia sebenarnya mengerti bahaya pencemaran lingkungan namun kadangkala tidak mampu menahan nafsu serakahnya sehingga sifat dewasa menuruti akal majikan(nafsu)nya.
Apalagi tahun ini. musim hujan warga selalu ketakutan,banjir,gempa dan tsunami. Lihat pemukiman yang dekat laut atau rumah yang bersentuhan sungai . banjir di Jakarta dan Sampang madura sudah tiap musim hujan arisan pertama. Limbah dari tumpukan sampah dimusim hujan banyak mengandung penyakit berbahaya bagi kesehatan Masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, menjaga lingkungan merupakan tugas kita semua, stakeholder dan Semua instansi yang terkait agar mensosialisasikan lingkungan sehat dan bersih .


Samsul arifin; Lahir Di Pelosok Kangean Sumenep .






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih sadeje