geng saon


“Assalamu’alaikum”,para mahasiswa kaget saat suara Ferdy mengganggu konsentrasinya “Waalaikum salam”mahasiswa badung yang duduk di belakang menyahut .sambil tertawa,ngomel dan semacamnya .

“enaknya ya klo datang jam hampir selesai ”

“mahasiswa yang jantan emang kayak gitu ,iya kan temen-temen ”seru Anton di pojoksana

“haha…haha,haha…hh”para mahasiswa tertawa ngakak.Melky,Anton,Hasan saling nyambung mengomentari yang bukan-bukan ,suasana kampus jadi gaduh .mereka tidak memperhatikan penjelasan dosen di depan .tawa Cekikan terus berlanjut …

“diam semua!”.mata pak Hosen melotot hingga para mahasiswa berhenti tertawa,”mahasiswa Indonesia memang seperti ini,perkara kecil saja!,bukan main masalahnya .biasanya kita punya banyak waktu hanya gara gara tidak penting waktu terkikis habis .apa kalian tidak rugi bayar sekolah ,bayar dosen,dan sumbangan yang lain di kampus ini ?”.Anton yang terkenal nakal dikampus ini ,sering membuat onar ,hanya perkatan bapak semacam bapak tadi tidak dianggap serius ,apalagi bapak Hosen yang dianggap ekspresi penjelasannya kayak orang banci .

“Biarin Pak,yang terpenting saya and temen temen dapet ijazah,itu sudah cukup ,iya kan temen temen ,“celah Anton sambil berdiri mengangkat tangannya menunjukkan mengeceh pada perkataan pak Hosen.

“Masaallah,dasar mahasiswa! ”

“haha..haha….hh”nahasiswa kembali cekikikan,ketika pak Hosen marah marah sambil memegang kepalanya seperti orang kebangkrutan,atau kehilangan anak .”Anton,Anton…

“ya sudah ,berarti kalo bapak ngajar semester 1E ini langsuang makalah saja ,atau diskusi panel.biar kalian tidak jadi kandang harimau!”

Besok..,

Jam kedua bagian pak Hosen .mahasiswa benar benar Takut jika apa yang di janjikan kemaren benar-benar terjadi .”makalah”mahasiswa semester1E ini sangat tidak setuju,menolak ,lebih baik bayar saja dari pada buat makalah terus menerus.Risky yang hebat yang merayu pak Hosen dengan janji janji nyeleneh .Anton juga memperkuat pertahanannya ,ia dan kawan kawan membantu Riski di belakang jika acara makan malam nanti pak Hosen minta tidur bareng .1E memang kompak dan kumpulan orang orang berabe ,jadi jelas mainya pake’ duit segala.para dosen yang ngajar di 1E tidak pernah mengikat dengan makalah apapun ,kini tinggal dosen filsafat,hari ini akan di sumpat dengan uang .“pokoknya jika bapak memberikan nilai terbaik untuk semester 1E ,saya jamin malam ini akan aku penuhi “.dengan nada romantis Risky mengelabuhi pikiran bapak hosen ,sambil membuka kancing baju perlahan agar mata pak hosen terpana malam ini. “aku jamin ” rayu Risky manis,merangsang.

“pokoknya klo kamu tidur bareng aku di hotel malam ini ,”ia sambil menghabiskan lima ber minuman di atas meja itu .

“yes, aku berhasil !”.

Anton ,gunawan ,selmy,dan kawan lain membawa pak hosen kekamar hotel,mereka tinggalkan duda itu di hotel mabuk sendirian ,setelah mereka berhasil mendapatkan tanda tangan termasuk dosen banci ini ,surat MOU kesepakaan untuk memberikan nilai terbaik bagi semester 1E .

Minggu ketiga mahasiswa tidak lagi bingung .kadang jika temen yang lain tidak masuk kelas maka anton si jago onar itu langsung kasih tanda tangan sendiri. Seringnya anton aktif masuk ke kampus ,absensinya tidak merah terus, karena di rumah tidak ada kerjaan aja,bete sendirian ,jawab anton ketika ditanya bebri kemaren.ia ogah ngobro ama bik iyem si pembantunya .mending santai aja di kampus ,banyak temen ,sekalian ngerjain dosen .

Mangkanya para dosen yang ngajar di semester 1E ini bukan karena punyak kewajiban sebagai guru untuk ngasih ilmu tapi karena paksaan saja ,sesuai kesepakatan kemarin .kalau mereka melapor kasus ini malah akan berakibat fatal ,mahasiswa,juga bapak mahasiswa tidak akan memnbiarkan anaknya terpenjara ,lagian para bapak semester 1E ini anak borjuis semua bahkan ada yang bapaknya kepala rektor di kampus lain dan dinas.’sanggah para dosen yang ngajar di semester 1e ketika rapat membicarakan persoalan ini .”lebih baik kita diam saja,kita tak akan bisa mengungkit ungkit masalah ini lagi ,dengan bukti bukti komplit mahasiswa ,dan bukti yang tidak asosila kemaren yang pernah kita minta bersama”.

“sebenarnya kita yang salah ”

“sudahlah ,yang penting sesuai kesepakatan surat itu kita penuhi bersama.”ucap pimpinan rapat.

Paramahasiswa santai diperpus pagi ini.mereka baca buku,diskusi ,ada yang sibuk mengucar ngacir untuk cari referensi makalah .mereka konsentrasi dalam bacaannya .anton melihat kawan kawannya nimbrung di perpus.ia mendekati mereka,

“wah,sejak kapan nih sadar begini ?”anton ngoceh kawannya yang diruang baca,sambil menupuk bahu kawanya ,ia mengulang kata katanya

“iya ,saat semua mahasiswa berada di perpus ini .”jawab mereka

“maksud lho?”

“tuh lihat dipojok sana,sebelah barat,timur,selatan ,banyak bahenol bahenol cantik boy,”sambil tulunjuk jarinya menunjuk kearah yang di maksud .”jadi rugi klo rezeki ini tidak di gait ,siapa tahu kita kecantol”sambung nya

“dasar hidung belang!”

Kali ini mereka merubah strategi ,bukan di warung ,kanting tapi di perpus.biar para dosen beranggapan bahwa anak semester 1E sudah sadar,mereka jadi kutu buku dan mereka akan bisa toleransi dengan dirinya ,”persetan dengan anggapan kamu !”.jawabnya serentak.

Mereka menyebutnya Geng SAON(sarang onar).nama tersebut belakangan ini ribut di bicarakandi kampus,di kelas,isunya anggota geng itu sering menuntut demokrasi yang sebebas bebasnya di kampus.

**

Berbeda dikelas 1A, sasmy mahasiswa aktivis kerapkali mendobrak kelalaian dosen,wataknya luar biasa,kritis.meskipun dirinya jarang masuk ,tapi para dosen sering kali mempertinmbangkan anak satu ini .ia tidak hanya pandai ngomong di kampus,melalui kreatifitas menulis di berbagai media .sasmy buktikan terus ucapanya itu di tulisannya .ia juga mengatakan mencari ilmu tidak hanya di kampus ,itupun kalau memahami ,atau mendengarkan ?, tapi luar kampus 75% yang akan dan mudah kita pahami .melalui menulis ia sampaikan tentang hak mahasiswa di akademik”aku tidak akan berhenti disini ”.ia ingin meninggalkan barang berharga di kampus ini ,kelak ia keluar .sebagai ketua PKP (pusat kajian perempuan) di internal kampus,ia akan gunakan kekuatan ini untuk mendobrak para dosen yang tidak mana .sasmy dalam kebingungan.jam sudah beranjak malam ,ia susah memejamkan matanya,sasmy memandangi langit langit kamar .figur yang berjasa bagi bangsa ia tatap lekat-lekat sembari merenungi kalimat di tempel almari itu .”apa tidak menangis pahlawan itu jika titipannya di abaikan ”.demikian kalimat berbaris itu ia resapi .

“halo rusdy,gimana persiapan seminar besok ?”

“insyaallah.”jawab rusdy dilanspeker HP

“my,rektor kita menawarkan pemateri untuk besok”

“terus?”

“mengingat kita di kasih dana sedikit oleh lembaga,maka tawaran itu aku setujui.”

“siapa nama pematerinya? ”

“pertama, Drs Muhammad Bahir,Zainul Hasan SH,MA.Ismayati S.Pd.I, mereka calon anggota legislatif .”terang Rusdy .

Ia sudah menyakini terhadap menduganya tadi .belakangan ini rektor selalu menawarkan pemateri yang butuh massa.Jual beli tidak lagi di pasar,mall,super market tapi di kampus juga memasarkan dirinya

“Demi kemajuan kampus kedepan” Ujarnya diam-diam.Sasmi kembali memaksa untuk memejamkan matanya malam ini dia ingin sekali mmengumpulkan kekuatan,semoga besok segar bugar lagi

Ditempat seminar,pemateri menanggung makalah dan snack peserta. Walaupun Sasmi sedikit kecewa tapi acara ini adalah bagian dirinya, Ia punya tanggung jawab bagaimana agar acara seminar ini berjalan lancar dan sukses. Ia benar-benar harus menelan kekecewaan ini apalagi saat tim sukses pemateri menbagikan makalah terhadap para peserta yang disertai selipan-selipan sticker yang bergambar para caleg tersebut. Empat kali UKM PKP mengadakan acara seminar selalu meriah dibanding tahun-tahun kemarin. Entah strategi apa yang dilakukan sehingga acara yang digelarnya selalu sukses ? Sasmi menjadi bingung.

Rektor sendiri terlihat sangat puas melihat acara ini begitu sukses, Ia mewanti-wanti kepada mahasiswa supaya merespons positif rencana yang diungkapkan pemateri tadi.

“ Demi kemajuan kampus, kita harus pandai-pandai mencari kesempatan ini” ujarnya disela-sela sambutan tadi.

Niat baik Sasmi seolah hanya indah dalam angan-angannya, Ia menghela nafas. Tubuh lelahnya ia sandarkan kedinding santun.” Mungkinkah dinding ini memiliki perasaan yang sama denganku ? Tanya Sasmi.aku duduk melihat melihat senyum bulan .ada kupu-kupu betebaran di tangkai mawar .mereka ucap salam .aku melihat sinarnya di sekeliling taman bunga ini .kupu-kupu berrcerita saat keliling -keliling gunung ,di ujung bukit ada gubuk reot ,tatkala malam merinding kedinginan ,ia berdendang sambil menyilimuti sisulung ,

Tidur anakku sayang!

Besok aku cukupi sangumu.

Hari ini kita bertahan sebetar,hingga menunggu jualan ibu

Sayang ibu sering di hajar keamana

Mereka tidak suka kebajikan

Pasti tidak pernah kegunung ini?

Kupu kupu sahabatku menangis .pelepasan tahun baru nanti ,civitas akademik akan menyelenggarakan pergantian REKTOR kampus .sasmy tahu orang yang akn maju pak hosen .”mudah mudahan dugaanku salah ?”.antondan kawan –kawan bereaksi kekelas serta para mahasiswa di iming imingi supaya mendukung calonyang di usun geng SAON.

Orang orang yang terlibat dalam surat kesepakatan .kini di Restoran PESONA jalan pujangga mengadakan pertemuan bersama geng saon.dimana geng saon menyetir ,memperkuat kesepakatan bersama.

“kami akan menambah persen bapak,asalkan kami geng SAON punyak syarat –syarat tertentu .pertama,bagaimana jika bapak menjadi Rektor agar tida kmelupakan kami dan kesepakatan bersama itu .”para dosen menanda tangani kesepakatan tersebut ,serta amplop yang ia bagikan .

Sasmy memandangi spanduk yang berkibar di kampus ,bergambar pak hosen .dan selembaran kertas yang menyingkat janji janji politik saat terpilih menjadi Rektor.ya allah jika ini benar –benar terjadi apa yang akan aku lakukan ,aku kenal siapa anton,siapa pak Hosen,dan geng SAON.

Sorak –sorai kemenangan bergema di kampus. “MERDEKA….!”

Semenep,2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih sadeje