BAHAGIANYA SAAT MENULIS…

Bercerita dengan tulisan rasanya lebih gampang dari pada bercerita di depan umum yang membuat demam panggung.bercerita sesuka hatiku,kalau aku lagi kangen aku langsung ketemu dia.kadang maksud hatiku untuk bercerita kepada temen-temen,ingin mengeluarkan kesalku habis-habisan,hatinyaku yang diburu agar sama-sama tahu tetapi sering kali dipotong,kadang di interupsi dan segala macam.membuat cerita panjangku tersendat –sendat tak kunjung akhir,iya kalau mislkan temenku setia menjadi pendengar munkin saja cerita selesai.tetapi juga kadang terbagi waktu,temanku langsung meng-cut cerita yang sudah menghayutkan hati bahkan hampir menangis.
Meulis agiku seperti bercerita panjang lebar nusantara ini.hanya orang yang pandai menguasai cerita ia akan pandai juga mengasikkan hidupnya dengan anak TK,anak-anak di rumah,orang-orang jalanan atau masyarakat parlemen.mereka pandai mengotak-atik,membolak-balik,menjungkar balik,mendungkar atau apalah namanya…seperti mencari siang yang menguasai dunia.panas sinarnya menusuk pori-pori di dalam lautan uyang kedalamannya beribu-ribu mil ke bawah.
Suatu hari aku bertanya pada mama?,kenapa ya kebanyakan perempuan memegang peranan penting dirumah tangga.mama hanya senyum manis.dengan santai ia menjawab,perempuan di dapur sama saja dengan orang menulis.di dapur itu ibaratkan pelangi kehidupan manusia,jika di dapur tidak mengepul,tidak ada maskan khas kel,uarga,tidak mendengar manisnya jahe,bawang ,asinnya garam madura,ataupun lezatnya ikan kangean maka sama saja keluarga tersebut tidak mawaddah warahmah.iya kalau misalkan kita kaya terus,kalau terlilit hutang gimana? Manalagi anak cengengesan minta jajan dipasar unik.aku diam ,pikirank terbyang kealam entah dimana malaikat sujud kepada allah SWT.
Prof drs Sutandyow pernah bilang,membaca membuat orang panjang umur. Berarti kalau membaca membuat panjang umur,apalagi menulis.katanya aku di ceritakan Mbah dijalan waktu aku kecapean di bawah pohon beringin tempat abang becak menikmati malam sorga,malaikat pencabut nyawa nanti matinya terakhir ,beliau memohon kepada allah swt agar nyawanya karena beliau berkali kali mencabut sendiri sampai allah menerima masseg malaikat tersebut.ibaratkan kiamat itu sebuah perhentian manusia yang malas menulis,kalau semua orang membaca kiamat belum tiba,tetapi bila manusia tidak sama sekali bercita dengan tulisan dipastikan azab tuhan dating memporak-porandakan dunia beserta uang miliaran rupiah itu.
Nah,temenku bercerita katanya ia ingin sekali terkenal lewat tulisan,ia sering ikut seminar,diklat jurnalistik,ikut wokshop pajajaran anak pandai menulis dan lain-lain.anehnya sampek ia punyak cucu terkenal karna menulis.aku juga bingung menjawbnya,mungkin kalau tuan joseph broskey ada di sampingku waktu itu,terpaksa aku lantunkan ayat-ayat surgaku yang pernah kudengar darinya.joseph pernah ngomong lewat tulisannya,temanku diam tidak menyangga sedikitpun sampai ayat-ayatku selesai kulantunkan.begini,ada yang lebih parah dari pada membakar seluruh perpustakaan,buku-buku yang ada yakni orang yang berhenti membaca. Aku melirik ke dia usai membacakan,ia meonyongkan mulutnya tanpa sadar,kenapa bengung?tanyaku.kenapa ya saya tak pernah mendengar celotehan joseph,D zawawi imron,leak kustiya.masa’ tanyaku begitu!.karna kau juga kadang-kadang bacanya apalagi menulis.oh ini dia masalahnya guys?,ternyata temen nih bermimpi jadi generasi joseph tapi malas baca dan menulis”wah kapan nyambungnya”,ia pengen pintar masa’ jarrang pergi ke dapur.pasti benar mimpimu syetan.
Membaca dan menulis ibarat sebuah sumur dan timba,kata nenekku dalam bahasa konservatifnya.kalau manusia punyak timba sendiri terserah mau sepuas-puasnya mandi bahkan sampai sebulan tanpa henti.seumur adalah tulisan yang membentang di dunia,disana banyak ide,kata mutiara,pepatah-pepitih,kata bijak maupun ejaan yang benar .apabila hamba sudah mual0mual membaca,atau sampai otaknya dingin oleh sentuhan isi buku,maka gampang ingin menjeklajah mutiara yang bikin orang bukan main kayanya di dunia ini.
Pokoknya menulis ibaratkan semua yang ada dalam pikiran.jadi kalau masih ada yang ingin bercerita panjang lebar tanpa interupsi teman,atau guru.biarkan teman kita memotong lembaranku tetapi dengan penanya sendiri,aku rela di bagaimanapun?.

MENULIS TIDAK SUSAH SEPERTI PACAR KITA
Ini terjadi sebelum aku mencari pacar ,susahnya minta ampun.cewek setia impianku.sebelan sebelum kejadian berlangsung.aku berguru hoeda manis sang penulis hebat “buku menyingkap rahasia perempuannya”dari tiitk fatamorgana sampai ke tepi pantai .setelah kurasa telah menguasai isi buku ,kemudian haba ibadahkan pada cewek impian yang sejak sekian abat silam pesonanya menitik beratkan hatiku.Dus,waktu itu juga kemerdekaanku dirayakan.ternyata cewekku menerima.
Ia lkahir tangal 10 desember.menurut buku yang ku baca perempuan yang tidak suka aneh-aneh,hidup dijalani dengan cara lurus-lurus saja.ia sederhana,kelemahan perempuan ini mudah tersinggung,ia cepat sensetif,hingga apapun saja yang sedikit yang membuat hatinya tak berkenan akan membuatnya menjadi marah dan meledak .ia terkesan cara berjalan dengan menunduk,terkesan perempuan sngat santun.(hoeda manis,menyingkap Rahasia Perempuan) dan banyak lagi rahasia yang menyingkap kelemahan pada tubuhnya.
Kurasa puas segalanya.ternyata perempuanku misterius sekali.ia seperti kuntilanak(bukan menyinggung)bahagiaku kandas.perempuan seringkali manja aneh-aneh,minta bulan dan bintang sungguhan.wah,ini manusia kntilanak beneran,pikirku.
Usai keputusan Mahkamah Konstitusi Hati(MKH)memutuskan tidak bisa diteruskan kembali .atas pertimbangan kendala-kendala yang menghambat,kebutushan yang belum terpenuhi,maupun perang salib ke 3 antar perempuanku.jiwaku lebih terang usai keluar dari bencana itu.maksud hati ingin menenangkan segala pikiran di tempat perpustakaan.tiba-tiba diruangan perpus senyuman detil bertuliskan”membacalah kalu ingin bercinta”.
Tidak ada saran sedikitpun yang mapan mengobati.mulai kedokteran jiwa,dok spesialis sampai ke klanning servispun belum mampu memberikan secercah harapan yang pasti.kalimat tersebut kucoba aku aplikasikan.
Hidup memang susah.kita public berpacaran anda menggapai sejuta impian.bagiku menjelajahi impian tidak usah dngar pacar,minta dorongan,minta amie dan segala macam .cukup membaca dan menulis hamba tentu berusaha sambil memanjat do’a impian kita di alam bawah sadar akan tiba di markas kita.
Manusia itu relative normal,cita-citanya sangat tinggi,mulai ingin jadi kaya hingga jadi serigala dunia.laki-laki dan perempuan menuntut hak yang sama .dan bilang ama kekasih “maz poko’nya gak mao dipaksa ,kita pacaran harus toleran.atau maz u jam gini harus pergi ke mall,belanja baju yang banyak”eksotis benar manusia itu
Yang namanya kepala sangat pusing.mana mikirin uang untuk keperluan pribadi,buat bayaran kost,buat makan,beli pulza.wah,ketidak pastian mengarungi lautan cinta.apa yang berjalan ternyata belum simpurna ,antara janji dan harapan dan kenyataan,semua nol palsu.bahkan memanjakan diri kita untuk gensi.punyak pacar satu kurang satu lagi.punyak pacar cuuantik tinggal lima cantiknya lagi.begitulah kepuasan manusia.punyak kekasih saya yaki pastihserba pamrih,artinya kenyataan harus berdua.jangan sok berjalan ama cewek lain,hidup gengsi dan serba diatur-atur sejarahnya.padahal sejarah diantara kita harus dimengerti .
Syukur kalaukita mengerjakan kalau ada niat dan tujuan.kadang pacaran tidak jelas.bayangkan saja kalau missal si cowok disuruh sowan ke bapak si cewek.apa jawaban si cowok,si cowok memang agak pintar sejak dulu ketimbang cewek,dia pasti beralasan se langit”gak aku ad acara ne.atau dikantor lagi ada meting saying and so on bla..bla…blaa”.
Jangan heran ketika si cewek tiba-tiba menyeruh begitu,karena apapu alasan kita pasti cewek minta kepastian perasaan bimbangnya,walau hanya hanya sekedar nyoba-nyoba tapi sifat perempuan bukan berarti baja,sekali di omongin suara perasaan,cewek akan percya,bukan?
Ayo kita paksa untuk sadar.setiap manusia kadang untuk memenuhi kepuasannya dengan cara toleransi kemanusiaan itu.bagaimana si cewek untuk nunut ke cowok,cewek ingin dimanja”hari ini lho hubungin akau maz.maz aku pamit pegen ke pzar,dikasih atau gak?”atau serba-serbi kepuasan segala.
Sulit memang mangamati kepribadian manusia.tetapi apapun artinya semua ini ,kita jangan terkecoh oleh kegagalan.

MENULIS SANGAT INDAH
Wacana yang berkembang akhir ini.keindahan apabila ia dandan cantik.berkemas rapi ketiak menhadapi resepsi,atau sngat strategis,uang sebuah keindahan sejati.
Pandangan kita apabila disudutkan pada komponen keindahan maka bunga ditaman rasnya indah sekali,baju-baju baru yang baru dibeli toko sangat indah.
Pandangan sempit semacam tadi tidak memiliki makna mengkerucut,artinya keindahan bagaimana mampu menciptakan kreasi,kreatif,kretis,dan interaksi.sungguh keindahan menulis memberikan sumbangsih besar terhadap ketenangan jiwa .apa yang menjadi impian kita yang ditulis akan menghadiahkan sejuta keindahan,bagi pemula kehadiran tulisan anda ornament makna yang ideal.pribadi kita akan bangga dan tumbuh kejelian wacana memaknai unsure peristiwa.keindahan berjalan sesuai kreatifitas penulisan.
Menulis sangat indah….
Memainkan imajenasi dan peristiwa-peristiwa plus fenomena dengan ilustrasi kat-kata yang berserakan dalam bayangan otak manusia.kemudian membentuk sel-sel untuh sehingga membentuk manusia sempurna.
Menceritakan interaksi sel tubuh,sel otak,sel fisik,dan segala sel tubuh yang ada pada manusia menjadi komponen satu ruang ,lalu bergerak menelusuri animasi luar angkasa.kemudian disana bias memaikansemua peralatan yang ada.barang-barang yang berserakan kita peluluti kembali sebagai pewarn-warni.sehingga menjadikan ruang kepuasan jiwa kita
Pernyataan D.zawawi imron,aku tidak mampu membendunggejolak dalam jiwaku maka aku tumpahkan ,lewat tulisan.pernytaan D,mengisaratkan solusi terindah saat suasana hati sedang bergejolak.lalu kemana kita tumpahkan? Bias saja temen terusik dengan keberadaanmu.ada juga temen karena sekian tahun jadi sahabat memberanikan menerima curhatanmu.padahal hati berkata aku juga tidk mampu memberikan solusi,aku hanya sekedar ingin menjadi pendegar setiamu.
Pengalamanku selama beberapa tahun menulis.denagn usaha yang keras,memang tak seberapa sukses tapi aku sendiri meraskan kepuasan setelah terbit di Koran local.betapa senangnya hati ini.tidak ada yang lain selain kepuasan ini.baru kesadaranku ternyata orang sukses selayaksnya mendapatkan apresiasi sebagai balasan atas usaha yang dilakukan.keindahan belum pernah aku rasakan selain menulis .aku jadi semangat kembali.berapa tahun aku terbanting-banting arus .barapa tahun aku menangis .berapa tahun aku berdoa,berapa tahun aku meminta keiklasan orang tua hanya satu yang diberikan mahakuasa untukku,namun itu sudah bukan main indahnya.
Kita jangan pernah melihat kesuksesan manusia tapi liahatlah bagaimana ia bias sukses ,kerja keras yang ia lakukan.apakah orang santai kemudiaanbisa sukses atau bias sukses dengan keturunan mbahnya pintar,kalu memang takdir demikian berarti takdir tuhan bohong,kalau tuhan menciptakan kesuksesan bagi orang santai berarti tuhan sama dengan manusia,manusia yang suka bicara tetapi sulit di buktikan.
Menulis sangat indah…sama sperti kita miskin kemudian kaya,atau seperti orang buta dan ia melihat dunia tiba-tiba indah.tak terbayangkan…!

PROBLEM YANG SERBA INSTAN
Saya sebelumnya tidak menyingung cara menulis gampang.kemudian ingin jadi penulis kemudian berpikir panjang sampai pikrannya tertutup, matanya jadi gelap dan sampai hilang ingatana, tidak ada tips yang benar bagi pemuda. Tidak perlu belajar menulis yang bagus, kreatif menulis sampai pada menjemen menulis yang profeseonal internasional tidak perlu itu? Caranya mendasar sebagaimana pakar mengatakan:
 Darimana kita mulai menulis? Tanya dari mana saja.
 Apa saja yang akan kita tulis? Tanya lagi, apa saj yang kau bisa tulis.
Tips jitu yang paling bagus diatas , bagi pemula yang ingin menulis .nah ketika orang lagi bertanya, aku tidak menulis, tulisanku sangat jauh dari bagus, berarti mereka tidak pernah mencoba untuk menulis.
Keninginan orang sekarang instand. Sakarang ia menulis, sekarang juga ingin bagus bahkan ada yang mencoba menjadi karikatur mengkritik tulisannya sendiri. Keinginan yang serba instand ini akan menjadi problem berkepanjangan jika dirinya tak menyadari bahwa air dalam aqua tidak akan pernah tumpas kecuali diisi terus.
Kadang kita memfigurkan seorang karena ia sukses. Sehingga epek melihatnya tidak pernah dari bawah kaki gunung tetapi langsung tertuju pada langit gunngpadahal dbawah gunung sana adasungai mengalir yang harus kita lalui, ada batu lain yang sulit di daki, ada semacam jeruji besi apabila di daki manusia akan terpental sendiri, semua tidak akan bisa di lalui kecuali kita pernah mencoba dan mendaki sampai kelangit surga, andapun tidak percaya, tapi lebih baik tanyaka langsung pada mereka yang sukses hari ini,
Pajgalan sumenep. 2000000000010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih sadeje